Permintaan Saham IPO KS Rp 8 Triliun

Permintaan Saham IPO KS Rp 8 Triliun
Permintaan Saham IPO KS Rp 8 Triliun
JAKARTA - PT Krakatau Steel (KS) telah memproyeksikan harga saham penawaran perdana (initial public offering/IPO) berada di kisaran Rp 800-1.150 per lembar. Sedangkan nilai permintan dari investor mencapai Rp 8 triliun dengan komposisi 60 persen investor lokal dan 40 persen investor asing.

Komisaris Utama Krakatau Steel Zacky Anwar mengungkapkan, sebenarnya para investor asing menawar saham KS di harga rendah. Mereka hanya berani Rp 800-1000 per lembar. Kendati demikian secara keseluruhan respons para investor itu sangat tinggi sekaligus menunjukkan efektivitas roadshow yang digelar. “Terjadi oversubscribed (kelebihan permintaan) hingga tiga kali lipat,” katanya di Jakarta, Jumat (22/10).

Menurut Zacky, kemungkinan harga IPO di level tertinggi setelah merujuk hasil permintaan investor pada roadshow yang dilakukan perseroan ke Singapura, Hongkong, London, dan New York. Sedangkan, harga saham yang akan diumumkan Senin pekan depan, merupakan harga premium. Beberapa investor asing yang berminat menawar saham itu seperti perusahaan baja asal Korea Selatan, Posco, investor keuangan berskala internasional.

Zacky menjelaskan, minat investor terhadap saham BUMN produsen baja ini cukup tinggi karena prospek industri manufaktur yang positif di masa mendatang. Dalam aksi korporasinya, KS berencana menerbitkan saham baru sebanyak 3,15 miliar lembar, setara dengan 20 persen saham dari total 30 persen saham yang direncanakan dan sudah mendapatkan persetujuan DPR. KS menunjuk PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter).

JAKARTA - PT Krakatau Steel (KS) telah memproyeksikan harga saham penawaran perdana (initial public offering/IPO) berada di kisaran Rp 800-1.150

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News