Subsidi Dikurangi, PLN Harus Kurangi Rugi

Subsidi Dikurangi, PLN Harus Kurangi Rugi
Subsidi Dikurangi, PLN Harus Kurangi Rugi
JAKARTA — Dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011, pemerintah menurunkan anggaran untuk subsidi listrik. Dari Rp55,1 triliun di 2010 menjadi hanya sekitar Rp44,2 triliun pada APBN 2011.

Namun dipastikan penurunan subsidi ini bukan karena adanya perubahan pola penyaluran bantuan pemerintah untuk masyarakat. ‘’Penurunan ini bukan karena ada rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL). Tapi lebih diakibatkan karena penghematan yang memang sudah ditargetkan,’’ ungkap Menteri koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa pada wartawan, Jumat (22/10) di Jakarta.

Adapun target penghematan yang akan direncanakan pemerintah, jelas Hatta, pertama melakukan penghematan di internal PLN dengan cara mengurangi losses (rugi). Kedua, pada sisi pembangkit dengan adanya penambahan gas untuk menggantikan BBM. Dan Ketiga adalah melakukan penghematan pada sisi korporat.

‘’Total yang bisa didapatkan memang tidak sampai Rp12 triliun sebagaimana diharapkan, namun cukup untuk antisipasi batalnya kenaikan TDL. Jadi kita sudah punya roadmap sendiri untuk membenahi sistem subsidi di tanah air tanpa ada campur tangan dari pihak manapun. Semisal IMF atau World Bank,’’ tegas Hatta.(afz/jpnn)

JAKARTA — Dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011, pemerintah menurunkan anggaran untuk subsidi listrik. Dari Rp55,1


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News