Permudah Seller UMKM, Tokopedia Kini Terintergrasi OneTalk

Permudah Seller UMKM, Tokopedia Kini Terintergrasi OneTalk
Tokopedia mempermudah seller UMKM lewat kerja sama dengan OneTalk. Foto: Dok Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Momentum Works mencatat Indonesia merupakan negara dengan pasar terbesar belanja online se-Asia Tenggara.

Kurang dari 52 persen Gross Merchandise Value (GMV) Asia Tenggara terjadi di pasar Indonesia.

Hal ini dikarenakan saat ini pasar Indonesia tengah dikuasai oleh e-commerce raksasa, salah satunya ialah Tokopedia

Sejak rilis pertama kali pada 2009 lalu, kini Tokopedia telah bertransformasi menjadi start-up berstatus unicorn di Indonesia.

Setelah melakukan merger dengan Gojek, di bawah payung GoTo Group kini Tokopedia berhasil menguasai nyaris 35 persen GMV meskipun hanya beroperasi di Indonesia dan berhasil menguasai 18,4 persen pasar digital dalam negeri.

Kali ini, Tokopedia juga berupaya meningkatkan daya saing UMKM Indonesia melalui program “Digitalisasi Pasar Tradisional” yang dilakukan bersama Kementerian Perdagangan RI dan pemerintah daerah terafiliasi.

Melalui program-program kolaboratif bersama pemerintah, kini ribuan UMKM sudah mendapat Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online.

CEO TapTalk.io Ritchie Nathaniel mengatakan pasar digital memberikan kesempatan pada UMKM agar bisa melakukan ekspansi secara luas dan menjangkau target pasar yang jauh lebih luas.

Sejak rilis pertama kali pada 2009 lalu, kini Tokopedia telah bertransformasi menjadi start-up berstatus unicorn di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News