Pernikahan Sesama Jenis di Michigan yang Hanya Berlaku Selama Sehari

Status Lebih dari 300 Pasangan Dipertanyakan

Pernikahan Sesama Jenis di Michigan yang Hanya Berlaku Selama Sehari
Pernikahan Sesama Jenis di Michigan yang Hanya Berlaku Selama Sehari

jpnn.com - Larangan pernikahan sesama jenis di Michigan dicabut pada Jumat (21/3). Esoknya ratusan lesbian dan gay berbondong-bondong mendaftarkan pernikahan. Namun, sorenya pemberlakuan itu dicabut. Kini nasib pasangan yang sudah menikah tidak jelas.

= = = = = =

WAJAH Ann Watson dan Sarah Sherman terlihat sangat bahagia. Senyum selalu mengembang di bibir dua perempuan tersebut pada Sabtu (22/3). Betapa tidak, pasangan lesbian itu akhirnya bisa menikah resmi di kantor catatan sipil setelah 23 tahun hidup bersama.

“Kami tidak pernah berpikir bahwa kami bisa merasakan hari (pernikahan) ini,” ujar Ann Watson setelah menikah. “Rasanya luar biasa,” tambah perempuan yang bekerja di Turner Broadcasting System tersebut.

Bukan hanya Watson dan Sarah yang merasakan kebahagiaan. Hal serupa dirasakan James Ryder dan Frank Colasonti. Pasangan yang telah hidup bersama selama 26 tahun itu datang pagi-pagi ke kantor pencatatan sipil di Pontiac untuk bisa menikah resmi. Mereka memang ingin menikah secepatnya.

“Sebab, kami saling mencintai. Kami ingin memastikan status pernikahan untuk saling melindungi,” kata Colasonti.

Karena pernikahan mereka tidak biasa, surat nikahnya juga tidak biasa. Kata male (laki-laki, Red) pada buku nikah yang menandakan mempelai pria ditambahi huruf fe- sehingga dibaca female (perempuan, Red). Begitu juga halnya ketika yang menikah adalah pasangan homo. Fe- pada female dicoret sehingga yang tertulis hanya male.

Biasanya, pada Sabtu, jarang ada kantor pencatatan sipil yang buka. Namun, Sabtu lalu adalah hari spesial. Beberapa kantor pencatatan sipil di beberapa wilayah buka. Misalnya saja, kantor pencatatan sipil di Ingham, Mason, dan Oakland. Sebab, pada Jumat sore (21/3), pengadilan memutuskan untuk mencabut larangan pernikahan sesama jenis.

Larangan pernikahan sesama jenis di Michigan dicabut pada Jumat (21/3). Esoknya ratusan lesbian dan gay berbondong-bondong mendaftarkan pernikahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News