Pernyataan Menyejukkan Buya Syafii Maarif di Hadapan Umat Buddha

Pernyataan Menyejukkan Buya Syafii Maarif di Hadapan Umat Buddha
Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.(BPIP), Ahmad Syafii Maarif. Foto tangkapan layar YouTube STIAB Smaratungga

jpnn.com, JAKARTA - Dua tokoh sekaligus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.(BPIP), Ahmad Syafii Maarif dan Sudhamek AWS tampil sepanggung dalam webinar 'Merajut Kebinekaan Untuk Ketahanan Bangsa'.

Keduanya menjadi pembicara utama pada webinar dalam rangka hari raya Waisak 2565 tersebut.

Dalam paparannya, Sudhamek mengemukakan, salah satu solusi dari perspektif ekonomi dan bisnis dalam memaknai Bhinneka Tunggal Ika bisa melalui demokrasi ekonomi yang inklusif.

"Ini untuk mewujudkan kedaulatan, kesejahteraan dan keadilan. Inilah esensi ekonomi Pancasila," kata Sudhamek dalam webinar besutan Sekolah Tinggi Agama Buddha (STIAB) Smaratungga, Sabtu (29/5).

Dia mengatakan strategi operasional ekonomi Pancasila secara makro dikatakan inklusif karena dilakukan dengan strategi pemberdayaan UMKM, kemitraaan dan pendekatan jaringan lintas Iman berbasis riset dan inovasi. 

Sedangkan solusi paling tepat pada tataran mikro (bisnis), menurut pandangan Sudhamek adalah membangun bisnis berlandaskan mindfulness.

"Bukan hal mudah mengelola bangsa yang sedemikian binekanya," ujarnya. 

Menurutnya, dibutuhkan pemahaman dan pandangan yang benar terhadap hakikat kebinekaan dalam suku, agama, ras, golongan dari masyarakat dengan latar belakang ekonomi, sosial budaya  yang berbeda.

Dua dewan pengarah BPIP Ahmad Syafii Maarif dan Sudhamek memberikan pandangan tentang kebinekaan dalam webinar waisak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News