Perompak Kapal Asing Ditangkap

Perompak Kapal Asing Ditangkap
Para tersangka perompak beserta sejumlah barang bukti. Foto: Wijaya Satria/Batam Pos.
BATAM - Upaya perompakan kapal tugboat TB Faith 8 berbendera Malaysia, berhasil digagalkan oleh Satuan Polisi Perairan (Polair) Poltabes Barelang. Empat perompak yang semuanya warga Tanjungbalai Karimun itu, diamankan sekitar pukul 15.00 WIB, akhir pekan lalu.

Dijelaskan Kapoltabes Barelang, Kombes Pol Leonidas Braksan, Senin (27/10), para tersangka perompak yang berhasil ditangkap masing-masing bernama Adi (28), Sapri (30), Budi (40) dan Hamid (43). Mereka ditangkap di Selat Singapura yang berbatasan dengan perairan Batuampar, saat tugboat yang menarik sebuah tongkang berisi ratusan ton pasir melintas.

Aksi para tersangka, saat itu dipergoki oleh kapal patroli Satpolair Poltabes yang berpatroli dekat tempat kejadian. "Mereka (perompak, Red) sudah naik ke atas kapal dan hendak beraksi, namun berhasil digagalkan," ujar Kapoltabes menjelaskan.

Kapoltabes pun mengatakan, bahwa tersangka saat itu hanya menggunakan sebuah pompong berukuran sedang, bersama sejumlah senjata tajam berupa kapak, parang, linggis, gergaji besi, martil, serta tali. Kawanan ini diduga kuat kerap kali merompak di Selat Malaka, karena terkesan telah mahir melakukan pengintaian dan gesit menaiki kapal yang melintas di perairan outer port limited (OPL) tersebut.

BATAM - Upaya perompakan kapal tugboat TB Faith 8 berbendera Malaysia, berhasil digagalkan oleh Satuan Polisi Perairan (Polair) Poltabes Barelang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News