Arafah-Mina Masih Tertutup

Arafah-Mina Masih Tertutup
Foto : REUTERS
MINA - Pemerintah Arab Saudi terus ngebut membenahi arena wukuf dan melontar jumroh. Jalan masuk ke sana ditutup untuk umum . Ada penanaman berbagai kabel, termasuk kabel listrik. Jalan akses juga ditambah. Kemarin masih dilakukan pengaspalan di mulut jalan tersebut yang menuju Arafah.

Wartawan Jawa Pos Baehaqi yang kemarin meninjau lokasi itu melaporkan, suasana di Arafah-Mina sangat sepi. Hanya ada beberapa orang yang naik ke Jabal Rahmah, yaitu sebuah bukit di mana Nabi Adam dan Ibu Hawa bertemu kali pertama. Jawa Pos bisa masuk kawasan Arafah Mina melewati sela-sela beton yang dipasang berjajar merintangi jalan. 

Yang terlihat hanyalah kesibukan para pekerja yang membangun akses keluar masuk Arafah Mina (Armina). Jalur ke sana ditambah untuk memperlacar arus lalu lintas. Ada dua jalur yang masih dalam pembangunan. Masing-masing untuk jalur keluar dan masuk. Jalan baru itu terhubung dengan jalan utama di Armina.

Banyak galian di beberapa jalur di Armina. Kabel-kabel besar membujur di sepanjang jalan. Sebagian sudah ditanam. Penambahan kabel ini tampaknya nuntuk menambah penerangan di sekitar Armina. "Memang betul, sekarang pembangunan terus dikebut," kata Kepala Daerah Kerja Mekah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subakin A.M.

Karena masih ada pembangunan itu, sampai kemarin belum ada pembagian kapling untuk jemaah haji dari berbagai negara. Semua papan nama masih kosong. Namun dipastikan wukuf jemaah haji Indonesia berada di lokasi wukup jemaah Asia Tenggara. Sehingga kalau berpindah tidak akan jauh dengan lokasi wukuf tahun lalu.

MINA - Pemerintah Arab Saudi terus ngebut membenahi arena wukuf dan melontar jumroh. Jalan masuk ke sana ditutup untuk umum . Ada penanaman berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News