Perpusnas Dukung Pemda Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat

Perpusnas Dukung Pemda Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menerima kunjungan bapak dan bunda literasi kabupaten/kota se-Sumsel dan Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Foto Humas Perpusnas RI

jpnn.com, JAKARTA - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersinergi dengan pemda untuk meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) dan tingkat kegemaran membaca masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana menyatakan, IPLM dan tingkat kegemaran membaca di provinsinya meningkat pada 2021 jika dibandingkan dengan 2020.

Dia menjelaskan, hal ini merupakan hasil kerja pemda yang didukung Perpusnas.

"Dari 2020 sebesar 13,63 persen, pada 2021 mengalami peningkatan menjadi 14,57 persen. Tingkat kegemaran membaca mengalami peningkatan dari 52,38 persen menjadi 55,84 persen," ucapnya dalam audiensi di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Kamis (10/2).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menerima kunjungan bapak dan bunda literasi kabupaten atau kota se-Sumsel dan Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Fitriana berharap Perpusnas bisa memberikan dukungan berupa bantuan peningkatan kualitas perpustakaan.

Sementara itu, Bupati Paser Fahmi Fadli mengatakan, setelah berkunjung ke Perpusnas, dirinya mendapatkan banyak wawasan baru. Dia mengakui kabupatennya tertinggal dalam pengembangan literasi.

"Kami berharap Perpusnas bisa membantu kami dalam mengejar ketertinggalan kami dalam pengembangan literasi di Kabupaten Paser,” urainya.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengungkapkan, sinergi dengan pemda sangat penting dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News