Persebaya Masuk, DU 2017 Kemungkinan Diikuti 60 Peserta

Persebaya Masuk, DU 2017 Kemungkinan Diikuti 60 Peserta
Joko Driyono saat ditemui di lapangan jelang ekshibisi sepak bola antara pengurus PSSI melawan PT GTS. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Wacana pembagian zona Divisi Utama 2017 semakin menguat. Kompetisi tersebut rencananya baru akan digelar pada akhir Maret nanti.

Selain keinginan membagi dalam tiga zona, ada juga permintaan dari klub-klub untuk membaginya dalam 8 zona seperti di ISC B.

"Wacana ada dua, tapi kemungkinan 8 zona seperti tahun 2016," kata Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, Selasa (10/1).

Namun, sampai saat ini, belum ada keputusan resmi dari pihak operator dan PSSI terkait jumlah klub yang menjadi peserta. Pasalnya, belum semua klub yang tergabung di Divisi Utama memastikan keikutsertaan mereka untuk berkompetisi di kasta kedua Liga Indonesia tersebut.

"Nanti penetapannya ‎akhir Januari, perlu komfirmasi peserta terlebih dulu," ungkap Joko.

‎Sejauh ini, berkaca pada 2015 lalu, ada 66 klub yang menjadi peserta Divisi Utama. Tapi, hanya 59 klub yang ambil bagian di kompetisi. Karena itu, pada 2017, masuknya Persebaya Surabaya sebagai peserta membuat Divisi Utama akan diikuti oleh 60 klub.

"PSSI akan circular ‎form registrasi di akhir Januari‎, untuk mendapatkan kepastian dari calon peserta kompetisi," tuturnya.

Memang, di Divisi Utama klub boleh berlabel profesional. Kenyataannya, secara kemampuan finansial, tak semua klub mampu mengikuti kompetisi sampai selesai. Karena itulah, pada 2015 lalu, hanya ada 59 klub yang ambil bagian, dari 66 anggota Divisi Utama. ‎‎(dkk/jpnn)


 Wacana pembagian zona Divisi Utama 2017 semakin menguat. Kompetisi tersebut rencananya baru akan digelar pada akhir Maret nanti.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News