Persiapan Belum Memadai, BPJS akan Diawasi DPR

Persiapan Belum Memadai, BPJS akan Diawasi DPR
Persiapan Belum Memadai, BPJS akan Diawasi DPR

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Kesehatan DPR, Ribka Tjiptaning mengatakan, akan terus memonitor pelaksanaan dan perkembangan penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Selama ini persiapan BPJS terindikasi jauh dari yang diamanatkan oleh undang-undang. Kongritnya, persiapan belum matang. Untuk itu, DPR akan konsisten memonitor pelaksanaan BPJS," kata Ribka Tjiptaning, di Jakarta, Selasa (31/12).

Sedangkan untuk daerah pemilihannya (Dapil) sendiri di Provinsi Banten, Ribka menyatakan akan membentuk posko pengaduan layanan BPJS sendiri dan akan dipantau secara langsung setidaknya dalam masa reses ini.

"Besok saya sudah di posko BPJS Banten, memantau langsung tentang pelaksanaan BPJS ini. Dengan begitu, kita bisa paham pemetaannya dan apa-apa saja kendalanya di lapangan," ujar politisi PDI-Perjuangan itu.

Berangkat dari evaluasi persiapan BPJS antara Kementerian Kesehatan dengan Komisi IX DPR lanjut Ribka, bakal banyak menemui masalah. Misalnya soal aturan asuransi kesehatan dan tenaga kesehatan. Kedua hal itu belum beres, padahal akan dijalankan serentak di seluruh Indonesia mulai 1 Januari 2014.

"Komisi IX sudah mengingatkan Menteri Kesehatan soal itu. Terutama kesiapan tenaga kesehatan seperti dokter yang masih terbatas, ketersediaan bidan pun belum mencukupi," ungkapnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi Kesehatan DPR, Ribka Tjiptaning mengatakan, akan terus memonitor pelaksanaan dan perkembangan penyelenggaraan Sistem Jaminan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News