Persiba Wajib Gerak Cepat Tentukan Pengganti Pelatih

Persiba Wajib Gerak Cepat Tentukan Pengganti Pelatih
Jamal Al Rasyid memberikan masukan dalam acara â??Rembuk Penawaran Pengelolaan Persiba Balikpapanâ? di Stadion Batakan, 9 November 2018. Foto: FUAD MUHAMMAD/KALTIM POST

jpnn.com,  BALIKPAPAN - PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum merilis jadwal kompetisi Liga 2 2019. Namun, kemungkinan besar kick off kompetisi kasta kedua ini bakal dimulai selepas pemilihan presiden (pilpres), April 2019.

Jika melihat kebiasaan, kompetisi Liga 2 baru akan dimulai sepekan atau dua pekan setelah kick off Liga 1.

Artinya, jika melihat kondisi ini, Persiba Balikpapan punya waktu sekira tiga bulan untuk mempersiapkan tim.

“Saya pikir pada Januari nanti, skuat Persiba sudah harus bersiap,” kata mantan manajer Persiba, Jamal Al Rasyid, Jumat (28/12).

Namun, sebelum itu Jamal menyebut, Persiba harus lebih dulu menentukan siapa pengganti coach Haryadi untuk musim depan. Meski terlihat sederhana, Jamal menyebut, klub-klub di Indonesia kerap melakukan perekrutan pemain sebelum menentukan pelatih.

“Kalau pemain bintang, mungkin tidak jadi soal. Tapi, kalau pemain level menengah, tentu ini akan jadi pekerjaan rumah (PR) bagi pelatih baru,” ujar Jamal.

Dengan ambisi naik kasta, Jamal menyebut, Beruang Madu mesti bergerak cepat menunjuk pelatih kepala dan kerangka tim dalam waktu tiga bulan mendatang. Minimal, lanjut Jamal, 75 persen kerangka tim idealnya sudah terlihat di Januari nanti.

Soal perombakan skuat, Jamal yang juga pernah menjadi direktur olahraga Persiba menilai, manajemen kemungkinan hanya akan mempertahankan 40 persen muka lama.

Persiba Balikpapan punya waktu sekira tiga bulan untuk mempersiapkan tim sebelum kick off kompetisi Liga 2 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News