Persipura Didegradasi ke Divisi Utama

Persipura Didegradasi ke Divisi Utama
Boaz Solosa. Foto: Charlie L/Indopos
JAKARTA - PSSI menyerah untuk membujuk Persipura Jayapura agar  meninggalkan kompetisi Indonesian Super League (ISL) dan berbelok mengikuti kompetisi Indonesian Premier League (IPL). Setelah sebelumnya sanksi untuk tim juara ISL musim2010/2011 itu sempat ditunda beberapa kali, kemarin Komisi Disiplin (KOmdis) PSSI akhirnya berani menjatuhkan sanksi juga. Padahal sanksi untuk klub-klub ISL lainnya sudah dijatuhkan bulan lalu.

Sebelumnya, PSSI dengan berbagai cara membujuk Persipura agar bersedia bergabung dengan IPL. Jika upaya itu berhasil, Persipura diharapkan menjadi lokomotif untuk menarik klub-klub ISL lainnya. PSSI bahkan pernah menyatakan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin yang akan turun tangan sendiri untuk membujuk Persipura untuk meninggalkan ISL.

"PSSI mendapat surat dari manajemen Persipura. Isinya Persipura menolak untuk mengikuti kompetisi yang direstui PSSI," kata Catur Agus Saptono, wakil ketua KOmdis PSSI dalam pres conference di kantor PSSI tadi malam.  

Lalu apa sanski yang dijatuhkan untuk Persipura? Sanksinya sama persis dengan yang dijatuhkan kepada 10 klub ISL lainnya. Yaitu degradasi ke Divisi Utama (musim 2012/2013)  karena dianggap mengundurkan diri dari IPL. Klub yang diperkuat Boaz Solosa dkk itu juga didenda Rp 500 juta. Selain itu Komdis juga melarang Persipura melakukan kegiatan transfer dan melakukan aktivitas Transfer Matching Sistem (TMS) selama kompetisi musim 2011/2012.

JAKARTA - PSSI menyerah untuk membujuk Persipura Jayapura agar  meninggalkan kompetisi Indonesian Super League (ISL) dan berbelok mengikuti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News