Pertamina Gantikan Shell, Sudah Saatnya Mempercayakan Kepada Anak Bangsa

Pertamina Gantikan Shell, Sudah Saatnya Mempercayakan Kepada Anak Bangsa
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina. Foto dok PHE

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat energi Hanifa Sutrisna mengatakan pengambilalihan 35% participating interest Blok Masela oleh Pertamina, dinilai sebagai upaya yang tepat.

Terlebih, kinerja Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina yang diberi kepercayaan mengelola Blok Masela, memang sedang meningkat.

Selain itu, menurut Hanifa sudah saatnya mempercayakan pengelolaan blok-blok raksasa kepada anak bangsa.

“PHE sekarang sedang moncer-moncernya. Ini waktu yang tepat untuk mempercayakan pengelolaan blok-blok (raksasa) kepada anak bangsa. Kita harus optimistis,” kata Hanifa.

Hanifa menambahkan, pengambilalihan hak kelola 35 persen Lapangan Abadi di Blok Masela dari tangan Shell, juga akan memberi manfaat besar.

Selain bisa memberikan nilai efek domino terhadap ekonomi dan perkembangan sumber daya manusia di daerah lokal, juga berperan penting dalam mendukung ketahanan energi nasional.

“Ini untuk ketahanan energi kita. Kita lihat saja, bahwa perusahaan-perusahaan asing yang berminat pun, sebenarnya juga dalam rangka menciptakan ketahanan serupa di negara mereka. Mereka tahu, bahwa Indonesia adalah sumber mineral dan gas yang besar,” kata Hanifa.

Hanifa berharap bahwa negara harus memberi dukungan penuh kepada Pertamina.

Kinerja Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina yang diberi kepercayaan mengelola Blok Masela, memang sedang meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News