Pertamina Ingin Kilang Minyak di Kotabaru

Pertamina Ingin Kilang Minyak di Kotabaru
Pertamina Ingin Kilang Minyak di Kotabaru
KOTABARU – Pertamina berencana membangun kilang minyak di Kotabaru. Selain karena bahan baku yang mendukung, kabupaten di tenggara Kalsel ini juga mempunyai jalur lintas laut internasional. Hal itu diungkapkan Vice President Asset Management PT Pertamina, Ghatot Harsono, kepada Bupati H Irhami Ridjani di Gedung Annex Pertamina Pusat Jakarta.

"Kotabaru sebenarnya sejak lama masuk perencanaan pembangunan kilang minyak. Sebab, perairan kotabaru merupakan jalur laut internasional dan kedalamannya memungkinkan kapal-kapal besar untuk bersandar," ujar Ghatot.

Genneral Affair and Community Development PT IBT (Indonesian Bulk Terminal) M Saripuddin, Sabtu (13/4), membenarkan kondisi perairan Kotabaru tersebut. "Perusahaan kami di Desa Mekarputih, Kecamatan Tanjung Selayar. Di sini adalah pelabuhan internasional dengan kedalaman laut hingga 17 meter. Kapal-kapal dari Jepang, Singapura, Thailand, dan lainnya biasa berlabuh," terang pegawai di perusahaan jasa kepelabuhanan internasional ini.

Ia menambahkan, ada beberapa kawasan lain yang potensial. Salah satunya adalah di Tanjung Harapan, Kecamatan Pulau Laut Timur. "Tapi di sana kapal-kapal besar akan kesulitan merapat kalau musim tenggara (gelombang tinggi). Banyak karang besar dan di depan tanjung ada Pulau Kapak yang dipinggirnya juga banyak karang. Beda dengan perairan di daerah Kecamatan Kepulauan, Tanjung Selayar dan Pulau Laut Barat," ungkapnya.

   

KOTABARU – Pertamina berencana membangun kilang minyak di Kotabaru. Selain karena bahan baku yang mendukung, kabupaten di tenggara Kalsel ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News