Pertamina Kembangkan Lumut jadi Alternatif BBM

Pertamina Kembangkan Lumut jadi Alternatif BBM
Pertamina Kembangkan Lumut jadi Alternatif BBM

jpnn.com - JAKARTA - Selain air yang bisa digunakan untuk campuran solar (emulsi), lumut ternyata juga bisa dijadikan campuran untuk bahan bakar minyak (BBM).

Vice Presiden Research and Development Direktorat Pengolahan Pertamina Eko Wahyu Laksono mengatakan, lumut sangat berpotensi dijadikan Bahan Bakar Nabati (BBN).

Bahkan, menurut dia Indonesia bisa menjadi produsen BBN terbesar di dunia dengan mengandalkan lumut. "Lumut bisa dijadikan campuran BBM, apalagi letak geografis dan kondisi alam Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan tanaman lumut," ungkap Eko di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Senin (18/5).

Eko menambahkan, pengembangan lumut sebagai BBN juga lebih mudah ketimbang minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO), yang biasanya juga digunakan menjadi bahan makanan. Dengan begitu, potensi untuk mengembangkan lumut sebagai BBN semakin besar.

"Tumbuhan Alge (nama latin tumbuhan ganggang) tidak bersaing dengan makanan, tidak seperti minyak kelapa, sehingga potensi bahan bakar sangat menjanjikan sekali. Prosesnya juga lebih mudah dari palm oil," katanya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Selain air yang bisa digunakan untuk campuran solar (emulsi), lumut ternyata juga bisa dijadikan campuran untuk bahan bakar minyak (BBM).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News