Pertamina Pilih Petredec

Impor Elpiji 10 Juta Ton

Pertamina Pilih Petredec
Pertamina Pilih Petredec
JAKARTA - Pertamina memuluskan rencananya untuk mengamankan suplai elpiji jangka panjang. Ini setelah perusahaan migas pelat merah tersebut berhasil menyelesaikan tender impor elpiji untuk periode 2009 - 2019.

Deputi Direktur Pemasaran PT Pertamina Hanung Budya mengatakan, setelah melalui tender ketat, akhirnya Pertamina menetapkan perusahaan perdagangan elpiji yang berbasis di Kepulauan Bermuda, Petredec Limited, sebagai pemenang tender. ''Petredec menyisihkan 15 perusahaan lain,'' ujarnya di Jakarta, Senin (15/12).

Menurut Hanung, Pertamina memang membutuhkan tambahan pasokan, sehingga membuka tender pengadaan elpiji dengan total volume 10.000 ton untuk periode sepuluh tahun. Beberapa perusahaan yang sempat ikut tender adalah Beyond Petroleum (BP), Royal Dutch Shell, Petronas, SK Corp, Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC), dan Saudi Aramco. ''Serta beberapa perusahaan asal Timur Tengah,'' katanya.

Hanung mengatakan, Petredec akan mulai memasok pada Januari 2009. Untuk tahap awal, Pertamina akan mengimpor 800.000 ton, selanjutnya meningkat menjadi 1 - 1,5 juta ton per tahun.

JAKARTA - Pertamina memuluskan rencananya untuk mengamankan suplai elpiji jangka panjang. Ini setelah perusahaan migas pelat merah tersebut berhasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News