Pertamina Raih Peringkat 2 Rating ESG Dunia, Daya Saing Makin Meningkat

Pertamina Raih Peringkat 2 Rating ESG Dunia, Daya Saing Makin Meningkat
PT Pertamina (Persero) meraih posisi peringkat 2 secara global dalam kategori Oil dan Gas. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Keberhasilan Pertamina meraih peringkat kedua dunia rating Environmental, Social and Governance (ESG) dunia, semakin meningkatkan daya saing BUMN tersebut.

Pasalnya, bisnis masa depan memang lebih mengutamakan perusahaan yang fokus pada aspek lingkungan, green economy, dan ekonomi berkelanjutan.

Seperti diketahui, Pertamina baru saja memperoleh peringkat kedua Risiko Environment Social Government (ESG) 22.1 dari Lembaga ESG Rating Sustainalytics dalam sub-industri Integrated Oil & Gas.

Peringkat ini menempatkan perusahaan BUMN energi itu pada peringkat kedua secara global pada 2022.

“Kita patut mengapresiasi Pertamina atas pemeringkatan yang dicapai. Dan ke depan, tentu semakin meningkatkan daya saing perusahaan, apalagi saat ini ketika menuju target zero emission pada 2060,” ujar Pengamat ekonomi lingkungan Bernaulus Saragih. 

Menurut Bernaulus, peringkat kedua dunia tersebut memang membuat Pertamina lebih kompetitif, termasuk persaingan dengan perusahaan minyak dan gas dunia lain.

"Pemeringkatan internasional tentu punya kriteria dan indikator yang jelas dan terukur. Dan itu akan membuka banyak peluang kontrak dan tender internasional,” lanjutnya.

Bernaulus sependapat, kepedulian Pertamina terhadap lingkungan memang terus meningkat. Hal itu antara lain dibuktikan, dari upaya perusahaan untuk terus memproduksi energi ramah lingkungan.

Peringkat ini menempatkan PT Pertamina pada peringkat kedua secara global pada 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News