Pertamina Rugi Rp6,7 Triliun

Pertamina Rugi Rp6,7 Triliun
Pertamina Rugi Rp6,7 Triliun

jpnn.com - JAKARTA - Pertamina diperkirakan mengalami kerugian sebesar US$ 510 juta atau Rp 5,4 triliun dari bisnis gas Elpiji 12 kg pada tahun ini. Hal ini terjadi setelah Pertamina merevisi kenaikan harga Elpiji 12 kg dari Rp 3.500 per kilogram menjadi Rp 1.000 per kilogram.

 

"Dengan perubahan ini Pertamina masih menanggung kerugian Rp 4.566 per kilogram sehingga proyeksi kerugian bisnis elpiji 12 kg menjadi sebesar Rp 5,4 triliun," kata Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan dalam jumpa pers di kantor Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/1).

Menurutnya, kerugian tersebut masih perkiraan kasar yang menggunakan asumsi kurs rupiah APBN, yaitu Rp 10.500 per US dollar. Dalam kenyataannya, kerugian yang dialami perusahaan BUMN ini bisa lebih besar. Mengingat saat ini kurs rupiah terhadap dollar sudah menembus angka Rp 12 ribu.

"Jika kurs terus berkembang maka kerugian bisa mencapai Rp 6,7 triliun," ujar Karen.

Menurutnya, untuk menutupi kerugian tersebut Pertamina harus menggunakan keuntungan dari bisnis lainnya. Sehingga dapat dipastikan laba Pertamina tahun ini akan semakin kecil.

Menurut Karen, pertumbuhan laba Pertamina tahun ini diperkirakan turun sekitar 7 persen.

"Proyeksi pertumbuhan profit Pertamina tahun ini turun dari 13,17 persen menjadi 5,65 persen," terangnya. (dil/jpnn)

JAKARTA - Pertamina diperkirakan mengalami kerugian sebesar US$ 510 juta atau Rp 5,4 triliun dari bisnis gas Elpiji 12 kg pada tahun ini. Hal ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News