Pertamina Segera Kuasai Perusahaan Minyak Prancis

Pertamina Segera Kuasai Perusahaan Minyak Prancis
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – PT Pertamina bakal mengakuisisi saham Perancis Maurel & Prom (M&P). Menurut rencana, Pertamina akan membeli 24,53 persen saham perusahaan yang selama ini aktif di Afrika itu.

Itu merupakan langkah awal untuk mengambil alih seluruh saham perusahaan asal Prancis itu. Dengan membeli 24,53 persen saham perusahaan Maurel & Prom (M&P), Pertamina akan menjadi pemegang saham terbesar.

Selanjutnya Pertamina akan menegosiasikan pengambil alihan seluruh saham M&P dalam tahun ini juga. “M&P adalah perusahaan perorangan selama ini terutama aktif di kawasan Afrika,” demikian rilis yang diterima kemarin.

Saham yang akan dibeli Pertamina ada di tangan pemilik dan boss M&P Jean-Francois Henin. Dia menjelaskan, jika rencana ini disepakati oleh regulator dan Dewan Direksi M&P, maka Pertamina sudah berkomitmen untuk melakukan penawaran yang sama di bawah kondisi serupa untuk mengambil alih seluruh perusahaan.

Pertamina menghargai M&P senilai 822 juta Euro, dibandingkan dengan kapitalisasi pasarnya di pasar saham senilai 557 juta Euro pada Jumat (29/7) lalu.?

M&P adalah satu dari sekian banyak perusahaan eksplorasi dan produksi minyak independen yang mengalami kesulitan setelah harga minyak mentah anjlok dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2013, Jean-Francois Henin sudah menyatakan tengah melakukan pembicaraan dengan pihak pembeli yang potensial untuk menjual seluruh perusahaannya.

Tiga tahun lalu, nilai perusahaan itu masih empat lipat daripada sekarang. Henin menjual sahamnya kepada Pertamina seharga 4,20 Euro per saham. Sedangkan di bursa, saham P&M hari Jumat (29/07) ditutup pada 2,85 Euro.

JAKARTA – PT Pertamina bakal mengakuisisi saham Perancis Maurel & Prom (M&P). Menurut rencana, Pertamina akan membeli 24,53 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News