Pertamina Siapkan Infrastruktur Penampungan Gas

Pertamina Siapkan Infrastruktur Penampungan Gas
Pertamina Siapkan Infrastruktur Penampungan Gas
JAKARTA – Rencana kenaikan harga gas elpji 12 kilogram akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur pendukungnya. PT Pertamina (Persero) merencanakan pembangunan dua terminal penampungan atau penyimpanan (storage) gas yang konstruksinya dimulai tahun 2014.

”Kalau disepakati untuk menaikkan harga jual gas elpiji 12 kilogram, kami akan bangun dua storage,” ujar VP LPG dan Gas Product Pertamina Gigih Wahyu Hari Irianto, Kamis (21/2). Targetnya, penampungan gas tersebut sudah bisa beroperasi pada tahun 2015.

Pembangunan terminal penampungan tersebut rencananya untuk menggantikan dua storage yang saat ini sudah beroperasi. Yakni storage di Situbondo, Jawa Timur, yang berkapasitas 44 ribu metric ton (MT), dan storage Teluk Semangka, Lampung, juga dengan kapasitas yang sama.

Gigih menjelaskan, storage yang akan dibangun nanti akan memiliki kapasitas lebih besar, yakni mencapai 100 ribu MT. Salah satu lokasinya akan mengambil tempat di Tanjung Sekong, Banten, yang tengah dipersiapkan perizinannya. Sementara satu lagi di Jawa Timur yang masih belum dipastikan tempatnya. ”Mungkin di Tuban atau di tempat lain. Kapasitasnya masing-masing 100 ribu MT,” terangnya.

JAKARTA – Rencana kenaikan harga gas elpji 12 kilogram akan diikuti dengan pembangunan infrastruktur pendukungnya. PT Pertamina (Persero) merencanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News