Pertamina Tancap Gas Produksi Baterai Motor Listrik

Pertamina Tancap Gas Produksi Baterai Motor Listrik
Baterai motor listrik. Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan produksi baterai (battery pack) untuk sepeda motor listrik.

Direktur Utama PT Pertamina Power Indonesia Heru Setiawan mengatakan konversi ke kendaraan listrik dinilai akan lebih mudah dimulai dari kendaraan roda dua yang jumlahnya di Indonesia sangat besar.

"Kami menyadari bahwa untuk switch (pindah) jadi kendaraan listrik di Indonesia akan lebih cepat di motor, karena jumlahnya sangat besar dan relatively (relatif) lebih dimungkinkan masyarakat untuk bisa convert (mengubah) jadi motor listrik," katanya.

Heru mengatakan mengingat pabrik sel baterai baru akan rampung pada 2025, maka Pertamina akan mengimpor battery cell untuk produksi battery pack.

"Meski dari pabrik battery cell belum jadi, kami berusaha buat battery pack, yang mana battery cell-nya diimpor dalam jumlah terbatas sebagai introduction product (produk perkenalan), dan kami buat baterai untuk motor," jelasnya.

Begitu pabrik battery cell rampung, maka pasokan sel baterai nantinya bisa dipasok dari produksi dalam negeri. Pertamina juga akan mengajak partisipasi pihak lain untuk mendukung produksi baterai listrik untuk motor.

"Pertamina akan inisiasi. Kami ajak partisipasi yang lain supaya bisa lebih masif di produksinya," ujarnya.

Dalam pengembangan industri baterai listrik, lanjut Heru, Pertamina akan ikut terlibat di tahap intermediate yakni dalam produksi prekursor, katode, battery cell hingga battery pack.

PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan produksi baterai (battery pack) untuk sepeda motor listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News