Pertamina Terapkan Green Shipping, Trubus: Ini Langkah Maju

Pertamina Terapkan Green Shipping, Trubus: Ini Langkah Maju
Gedung Pertamina. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pakar kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah mengapresiasi kebijakan PT Pertamina dalam menerapkan green shipping.

Menurut Trubus, green shipping yang dilakukan melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Subholding Integrated Marine Logistics, merupakan kebijakan positif dan langkah maju perusahaan menuju penerapan Environmental Social Governance (ESG) dan mendukung pencapaian target Net Zero Emission (NZE) 2060.

“Yang dilakukan Pertamina ini adalah langkah majulah, sudah mengarah pada tuntutan konsep ESG. Jika kebijakan ini konsisten dilakukan, tentu mendukung NZE,” ujar Trubus.

Trubus berharap, agar kebijakan tersebut harus terus berjalan dengan konsisten. Dengan demikian, langkah maju yang dilakukan saat ini tidak sia-sia di masa datang

Sebab, tuntutan terhadap lingkungan hidup yang sehat akan semakin kuat menjadi budaya masyarakat internasional.

Agar kebijakan tersebut mampu mendukung program NZE pada 2060, Trubus menegaskan harus menjadi kultur perusahaan.

Apalagi, PIS sebagai Subholding Integrated Marine Logistics, sudah memiliki peta jalan green shipping.

Setelah itu, harus ditentukan regulasi yang disepakati bersama bahwa kebijakan green shipping ini adalah kebijakan jangka panjang.

Dengan penerapan green shipping sebagai bagian ESG perusahaan, Pertamina akan sangat diuntungkan, terutama dalam konteks keberlanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News