Pertamina Tolong Jangan Lupakan Anak Bangsa, Plis

Pertamina Tolong Jangan Lupakan Anak Bangsa, Plis
Gedung Pertamina di Jakarta. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Rumor bahwa Pertamina mengabaikan pengusaha lokal dan mengutamakan perusahaan asing menuai kecaman dari pengamat ekonomi  Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng. Jika itu benar-benar terjadi, menurut dia, Pertamina mengabaikan tugas utama sebagai bagian dari BUMN.

“Pertamina sebagai bagian dari BUMN penggerak ekonomi, partnernya harus memprioritaskan lokal anak bangsa, karena itu sebagai bentuk memajukan usaha-usaha nasional, sehingga harus dikerjakan pengusaha nasional, agar bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa bangsa Asia lainnya” kata Salamuddin, Selasa (10/11)

Menurut Salamuddin, Pertamina mendapat modal dari pemerintah. Karena itu, tujuan utamanya harus seiring sejalan dengan visi misi pemerintah, yakni memajukan bangsa. 

Salah satunya membuka kesempatan seluas-luasnya terhadap perusahaan lokal yang juga memiliki kemampuan dan sumberdaya. ‎Setelah perusahaan lokal tidak memenuhi syarat, barulah memberikan kesempatan pada perusahaan asing.

‎“Ini harus berlaku di semua BUMN. Sebab BUMN-BUMN itu memang mendapatkan penyertaan modal negara (PMN), sehingga dalam belanja dan usahanya sebaiknya tetap harus mengutamakan pengusaha lokal,” ujar Salamuddin.

Salamuddin juga‎ menegaskan, secara keseluruhan kerja sama yang dilakukan Pertamina maupun BUMN harus dievaluasi, apakah partner-partner BUMN lebih banyak pengusaha nasional atau asing. 

“Jangan-jangan partner BUMN-BUMN kita lebih banyak dari asing,” ujarnya. 

Sementara itu, ‎pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Revrisond Baswir mengatakan, Pertamina perlu mengedepankan pengusaha-pengusaha lokal untuk melaksanakan proyek-proyeknya. 

JAKARTA - Rumor bahwa Pertamina mengabaikan pengusaha lokal dan mengutamakan perusahaan asing menuai kecaman dari pengamat ekonomi  Asosiasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News