Pertarungan 4 Klaster di Bursa Capres, Ketua Umum Paling Berpeluang

Pertarungan 4 Klaster di Bursa Capres, Ketua Umum Paling Berpeluang
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin melihat ada beberapa klaster pertarungan Capres dan Cawapres 2024. Ada klaster ketua umum partai, klaster kepala daerah, klaster menteri, klaster pengusaha dan klaster ulama.

"Memang yang paling berpeluang ketua umum partai, karena dia yang acc untuk pencapresan. Yang lain lain kan meminta rekomendasi ketua umum," ujar Ujang Komarudin.

Pada klaster ketua partai, Ujang melihat ada Airlangga Hartarto, Prabowo, Muhaimin, Ketua Dewan Syuro PKS, dan AHY.

Pada klaster Menteri ada Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan ketua partai yang juga merangkap menteri, Airlangga Hartarto, Prabowo, Suharso Manoarfa.

Untuk klaster Kepala Daerah, ada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Khofifah.

Keempat kluster ulama, " Dulu ada tokoh seperti Hasim Muzadi, Solahudin Wahid, dan kemarin Kyai Maruf Amin," kata Ujang. Kali ini belum ada yang digadang-gadang. Selain itu ada klaster pengusaha, dan klaster purnawirawan TNI/Polri.

Semua kandidat harus mampu membangun koalisi besar. "Ketika menang juga akan membangun koalisi gemuk, sehingga bisa mengamankan pemerintah. Sama seperti yang dilakukan Jokowi. Supaya tidak digoyang-goyang oposisi," kata Ujang.

Menurut Ujang, pada masa pandemi yang belum jelas kapan berakhir ini pemimpin yang dicari adalah yang memiliki terobosan.

Pengamat politik Ujang Komarudin melihat ada beberapa klaster pertarungan Capres dan Cawapres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News