Pertengahan 2019, KA Bandara Solo Ditargetkan Rampung

Pertengahan 2019, KA Bandara Solo Ditargetkan Rampung
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Progress pembangunan Kereta Api (KA) Bandara Solo hingga saat ini sudah mencapai 30 persen. Melihat hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis, pembangunan KA Bandara Solo bisa rampung pada pertengahan 2019 mendatang.

"Kereta Bandara sekarang ini kira-kira sudah 30 persen, jadi pertengahan tahun depan InsyaAllah selesai," ujar Budi di Jakarta, Sabtu (10/11).

Budi didampingi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri juga berkesempatan mengunjungi lokasi proyek pembangunan jalur Kereta Api Bandara dan Stasiun Kereta Api Bandara Adi Soemarmo.

Mantan dirut AP II ini menjelaskan bahwa saat ini Stasiun Kereta Api Bandara Adi Soemarmo sudah selesai dibangun dan hanya tinggal menyelesaikan pembangunan rel.

Diharapkan, seluruh pembangunan Kereta Api Bandara ini akan selesai pada April atau Mei 2019 mendatang.

"Stasiun bandara ini sudah selesai dibangun. Kami tinggal menyelesaikan pekerjaan rel. Kami harapkan bulan 4 atau bulan 5 ini tahun mendatang selesai," harapnya.

Jalur Kereta Api Bandara akan dibangun dengan single track. Namun, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan dibuat jalur ganda atau double track bila kepadatan bertambah dan dirasa diperlukan.

"Kereta Bandara ini single track karena kepadatannya tidak tinggi, jadi kalau pun nanti akan ada double track di tengah-tengah saja kita bikin, nanti persilangan," tutur Budi.

Rencananya, kereta api bandara akan beroperasi dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News