Pertumbuhan Kian Masif, UKM Didorong Terapkan SNI

Pertumbuhan Kian Masif, UKM Didorong Terapkan SNI
Ilustrasi pelaku UMKM di bidang makanan ringan. Foto: Suryanto/Radar Surabaya/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus mendorong para pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk menerapkan standar nasional Indonesia (SNI).

Salah satu caranya ialah dengan membuka kantor layanan teknis (KLT) BSN di Surabaya guna mempermudah masyarakat mendapatkan layanan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK).

Dengan demikian, UKM di wilayah Jawa Timur (Jatim) yang mendapatkan sertifikasi SNI bisa meningkat.

BACA JUGA: Ciputra Development Agresif Luncurkan Proyek Perumahan Baru

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Zakiyah menuturkan, pembetukan KLT di Surabaya merupakan tindak lanjut program pihaknya dalam meningkatkan SPK Jatim seiring dengan pencapaian hasil pembangungan yang memuaskan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) perekonomian Jatim tumbuh sebesar 5,5 persen.

"Selama dua dekade, Surabaya dan kota satelit di sekitarnya menjadi menopang ekonomi nasional dari sektor perdagangan dan jasa," terangnya, Kamis (18/7).

Di Jatim sendiri pertumbuhan UKM dinilai semakin masif. Pemprov Jatim memdorong agar pelaku UMKM bisa menerapkan SNI terhadap produknya guna menembus pasar internasional.

Badan Standardisasi Nasional (BSN) terus mendorong para pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk menerapkan standar nasional Indonesia (SNI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News