Pertumbuhan Penumpang Bandara Silangit Terus Melonjak

Pertumbuhan Penumpang Bandara Silangit Terus Melonjak
Ilustrasi. Bandara Silangit.

jpnn.com, MEDAN - Bandara Silangit di Tapanuli Utara, berada tak jauh dari kawasan wisata andalan Danau Toba ini telah dikembangkan sedemikian rupa.

Semula bandara ini hanya untuk memenuhi penerbangan perintis, kini disulap penampilannya seiring peresmian Bandara Internasional yang rencananya akan diresmikan langsung Presiden Jokowi pada 28 Oktober 2017 mandatang.

"Kemarin Sabtu (14/10) Presiden Jokowi didampingi Menhub Budi Karya juga sudah berkunjung ke Bandara Silangit untuk mengecheck progress kesiapan fasilitas bandara dan fasilitas pendukungnya untuk peresmian menjadi bandara internasional akhir Oktober ini," ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso.

Agus menjelaskan, sebelumnya Bandara Silangit hanya diterbangi penerbangan perintis dengan pesawat berkapasitas di bawah 20 kursi dari Sibolga, Gunung Sitoli, dan Medan.

Selanjutnya, penerbangan dilakukan dari Bandara Internasional (KNO) Kualanamu, Deli Serdang, dengan pesawat ATR 72-500. Jumlah pergerakan penumpang di Bandara Silangit ini masih sedikit, tercatat pada semester I Tahun 2014 hanya 11.946 penumpang.

"Sejak diterbangi Garuda Indonesia dari Jakarta tahun lalu, jumlah pertumbuhan penumpang di Bandara Silangit melonjak tajam, tercatat pada semester I Tahun 2017 berjumlah 120.749 penumpang, naik sebesar 304.40 persen dibandingkan semester I Tahun 2016 yang hanya berjumlah 29.859 penumpang," jelas Agus.

Setelah Garuda, penerbangan ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) Jakarta makian bertambah, dengan terbangnya Sriwijaya Air menggunakan Boeing B 737-500, disusul baru-baru ini oleh Batik Air.

Lebih lanjut Agus menjelaskan selain dari Jakarta, Garuda juga terbang dari Kualanamu dan Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing (FLZ) di Pinangsori, Sibolga, Tapanuli Tengah menggunakan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 72 penumpang.

Semula Bandara Silangit hanya untuk memenuhi penerbangan perintis, kini disulap penampilannya seiring peresmian melayani Internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News