Pertunjukan The Sailor Hibur Para Ibu Negara di Spouse Program ASEAN Summit 2023

Pertunjukan The Sailor Hibur Para Ibu Negara di Spouse Program ASEAN Summit 2023
Pertunjukan The Sailor Hibur Para Ibu Negara di Spouse Program ASEAN Summit 2023. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu rangkaian acara ASEAN Summit 2023, Spouse Program di Labuan Baju, Nusa Tenggara Timur, telah usai.

Spouse program tahun ini bertema The Sounds of Archipelago untuk menyuarakan potensi yang dimiliki wilayah Indonesia Timur, khususnya NTT.

Dari mulai tarian, pakaian, kerajinan tangan, tenun, musik, hingga kekayaan alam dirangkaikan dalam satu alur penceritaan yang membuat para undangan terkesan. Woman empowering dan cita-cita generasi muda sebagai penerus bangsa merupakan pesan yang ingin disampaikan.

Lima ibu negara dari Philipines, Louise Araneta-Marcos, Laos, Vandara Siphandone, Singapura, Ho Ching, Cambodia, Samdech Kittipritthbindit Bun Rany Hunsen, dan Malaysia, Dato’ Seri Wan Azizah, hadir memenuhi undangan Iriana Joko Widodo, menikmati keindahan Puncak Waringin sembari menikmati sajian budaya dan penganan khas Indonesia.

Di awal kedatangan, tamu disambut umbul-umbul janur yang dikreasikan dengan kain tenun dan rumah sambut ibu negara yang berbentuk Layar Kapal. Kemudian, para remaja putri dengan pakaian adat kabupaten yang beragam memberikan salam.

Mama Bambu hadir di salah satu stan untuk menggambarkan kemampuan wanita NTT dalam memperdayakan lahan kritis dengan menanam bambu.

Lagu Gemufamire ditarikan oleh para remaja dan anak-anak SD, diikuti pula oleh para spouses. Tidak sekadar minum teh dan mengobrol, mereka diberikan kejutan pertunjukan berjudul The Sailor yang panggungnya di darat dan kapal Phinisi di laut.

Penceritaan ini dilihat melalui layar plasma atau dapat secara langsung dinikmati melalui teropong jarak jauh.

Pertunjukan berjudul The Sailor yang panggungnya di darat dan kapal Phinisi di laut hibur para ibu negara di Spouse Program KTT ASEAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News