Pesan Ketua DPR Buat Srikandi Pemuda Pancasila

Pesan Ketua DPR Buat Srikandi Pemuda Pancasila
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo sedih melihat masih kurangnya perhatian pemerintah terhadap kaum perempuan yang berdampak pada ketimpangan di bidang pendidikan, sosial, politik dan ekonomi.

Politikus Partai Golkar yang biasa disapa Bamsoet itu menilai sampai saat ini peran serta perempuan dalam kancah perpolitikan masih sangat rendah.

"Saya mengimbau kepada seluruh anggota Srikandi Pemuda Pancasila untuk mengimplementasikan peran dan tanggung jawab di tengah dinamika kehidupan masyarakat, bangsa dan negara," kata Bamsoet saat berbicara di forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Srikandi PP di Jakarta, Sabtu (3/3).

Bamsoet berharap Srikandi Pemuda Pancasila (PP) membenahi ketimpangan itu melalui keterwakilan di parlemen dengan memenuhi kuota 30 persen pada setiap partai politik yang berlaga di Pemilu 2019.

Dia menjelaskan pada periode 2014-2019, jumlah perempuan yang menjadi anggota DPR hanya 17 persen. Hanya 97 perempuan dari 560 anggota DPR.

"Penuhi kuota perempuan 30 persen di setiap parol yang ada. Tunjukkan Srikandi Pemuda Pancasila bisa berbuat banyak bagi bangsa dan negara," ungkap mantan Ketua Komisi III DPR itu.

Bamsoet berpesan bahwa kinerja Srikandi PP yang mengkhususkan permasalahan kaum perempuan harus mampu menjawab ketimpangan gender yang terjadi sampai saat ini.
Bamsoet meminta Srikandi PP mampu meningkatkan kemampuan kaum ibu dan perempuan, seperti dengan memberikan berbagai pelatihan.

Melalui pelatihan-pelatihan tersebut, kaum ibu dan perempuan dapat mandiri untuk memenuhi ekonominya. Bamsoet yang pernah menjadi pimpinan KADIN ini juga menekankan, pembangunan ekonomi bagi perempuan dan anak di daerah tidak kalah penting untuk menjadi sasaran Srikandi PP.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menghadiri rakernas Srikandi Pemuda Pancasila di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News