Pesan Menlu Retno kepada Utusan Donald Trump di KTT ASEAN-AS

Pesan Menlu Retno kepada Utusan Donald Trump di KTT ASEAN-AS
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengikuti KTT ASEAN secara virtual. Ilustrasi Foto: Handout Kemlu RI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pesan positif kepada utusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di KTT ke-8 ASEAN - Amerika Serikat, Sabtu (14/11).

Dalam KTT yang berlangsung secara virtual itu, Donald Trump mengutus Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Robert C O'Brien.

Menlu Retno yang berbicara mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Amerika Serikat merupakan salah satu mitra strategis ASEAN di kawasan.

Kemitraan kedua pihak telah terjalin selama lebih dari empat dekade yang berkembang ke dalam kerja sama di berbagai bidang strategis.

Retnio menjelaskan bahwa Indonesia berharap agar persahabatan antara ASEAN dan Amerika Serikat tersebut tetap terjalin kuat di waktu-waktu mendatang.

"Ke depan Indonesia tetap berharap agar Amerika Serikat menjadi mitra penting dan strategis di kawasan Indo-Pasifik, termasuk di antaranya dalam penerapan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Kemitraan ini diharapkan dapat menjadi positive force untuk menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran kawasan," kata Retno dalam konferensi pers.

Dalam empat tahun terakhir di bidang ekonomi dan pembangunan, Amerika Serikat terus menjadi mitra perdagangan dan investasi terbesar kedua di ASEAN.

Presiden Trump mengutus Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Robert C O'Brien ke KTT ASEAN - AS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News