Pesan Penting dari Dokter untuk Pasien Penyakit Ginjal

Pesan Penting dari Dokter untuk Pasien Penyakit Ginjal
Siloam Hospitals Surabaya mengadakan gathering pasien ginjal secara virtual. Foto: Humas Siloam Hospitals

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Siloam Hospitals Surabaya untuk ikut memeriahkan peringatan World Kidney Day tahun ini.

Memanfaatkan teknologi yang ada, Siloam Hospitals Surabaya mengadakan gathering pasien penyakit ginjal secara virtual.

Tidak hanya peserta dari Surabaya, gathering ini diikuti pasien dan keluarga pasien dari luar kota.

Siloam Hospitals Surabaya mengajak 3 narasumber untuk memberikan edukasi kepada peserta, yaitu dr. Nunuk Mardiana, Sp.PD-KGH, dr. Dana Pramudya, Sp.PD, dan Sylvi Natalia, S.Gz.

Dokter Nunuk mengingatkan para pasien dengan penyakit ginjal untuk tetap menjaga kondisi tekanan darah dan kadar gula darah stabil agar tidak memberatkan kondisi ginjal.

“Pasien dengan penyakit ginjal, perlu menerapkan 8 langkah agar pasien bisa hidup berkualitas secara maksimal," kata dokter Dana Pramudya.

Delapan langkah tersebut adalah cek gula darah rutin, jangan minum obat tanpa resep dokter, cek kesehatan rutin, tetap terhidrasi, jaga berat badan, diet yang seimbang, olahraga rutin, dan cek tekanan darah.

Adapun kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi pasien pengidap penyakit ginjal, ahli gizi Siloam Hospitals Surabaya Sylvi Natalia, menyatakan tidak adanya perbedaan dengan konsumsi menu makanan. Menurut Sylvi, yang paling penting adalah dengan memerhatikan bahan makanan yang diolah.

Para pasien penyakit ginjal diingatkan tetap menjaga kondisi tekanan darah dan kadar gula darah stabil agar tidak memberatkan kondisi ginjal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News