Pesan SBY Saat Malam Budaya Nusantara Partai Demokrat

Pesan SBY Saat Malam Budaya Nusantara Partai Demokrat
Pak SBY. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Pertunjukan Mak Yong itu memang bukan pertunjukan kesenian biasa. Kedua pemerannya, dalam suasana penuh humor, tengah bercerita tentang situasi Indonesia terkini.

Hal itulah yang ditangkap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam “Malam Budaya Nusantara bersama Partai Demokrat” di panggung terbuka Hotel Lombok Garden, Mataram, Minggu malam (7/5/2017).

Presiden RI ke-6 (2004-2014) SBY yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono menyampaikan pesan singkat tapi dahsyat kepada kader. SBY menyampaikan pesan bagaimana strategi memenangkan kompetisi politik, ketika didaulat memberi arahan pada kader seusai pertunjukan Mak Yong tersebut.

“Pertunjukan Mak Yong tadi memberikan inspirasi pada kita, untuk memenangkan pilkada, pileg, dan pilpres. Kita harus melakukan pendekatan yang disukai rakyat. Melakukan hal-hal yang memang dikenal dekat oleh rakyat. Bisa saja pendekatan itu berupa pertunjukan kesenian seperti Mak Yong atau ketoprak humor. Bisa juga melalui pendekatan olahraga yang disenangi rakyat,” demikian SBY mengawali pesan singkatnya.

SBY kemudian menjelaskan, apa pun yang disukai rakyat harus dipahami para kader. Sebab kalau rakyat suka, rakyat pasti menyapa kita. Kalau rakyat mendukung maka kita akan berhasil.

“Nah, kalau sudah berhasil ingatlah bahwa kita berasal dari rakyat dan harus kembali ke rakyat,” kata SBY seperti dilansir di situs resmi Partai Demokrat.

Senada dengan SBY, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan kerap mengatakan, bahwa politik adalah seni. Mereka yang berpolitik mestilah memililki jiwa seni yang tinggi. Jadi berpolitiklah dengan rasa seni dan sastra yang tinggi. Baik melalui tulisan atau orasi serta medium medium lain yang menghentakkan.

Tentu kedua tokoh Partai Demokrat itu sedang sangat serius. Pertunjukan Mak Yong yang dimainkan kader utama Demokrat, pasangan suami-istri Husnizar Hood dan Peppy Chandra. Husnizar wakil rakyat di Provinsi Kepulauan Riau dan Peppy wakil rakyat Kota Tanjungpinang. Mereka beradu peran menampilkan komedi satire bercitarasa tinggi.

Pertunjukan Mak Yong itu memang bukan pertunjukan kesenian biasa. Kedua pemerannya, dalam suasana penuh humor, tengah bercerita tentang situasi Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News