Pesan Tegas Anwar Ibrahim untuk Negara Adidaya: ASEAN Bukan Pion!

Pesan Tegas Anwar Ibrahim untuk Negara Adidaya: ASEAN Bukan Pion!
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Foto: LISA MARIE DAVID / POOL / AFP

jpnn.com, JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menyebut ASEAN bukan hanya sekadar pion dalam percaturan geopolitik antara Amerika Serikat dan China.

Anwar menyampaikan hal tersebut dalam Konferensi Meja Bundar Asia Pasifik ke-36 di Kuala Lumpur, Kamis, yang dihadiri para pemimpin, pemikir dan cendekiawan.

Menurut dia, negara-negara adidaya perlu menyadari bahwa tatanan dunia barat itu tidak lagi dapat mendominasi suara di panggung global.

Negara dan kawasan lain kini memiliki suara sendiri untuk menyuarakan kepentingan.

Karena itu, nilai-nilai toleransi, pengertian dan kerja keras penting untuk membangun tatanan dunia yang majemuk, ujar dia.

Dia juga mengatakan ASEAN masih memiliki ruang yang lebih besar untuk tumbuh dan entunya mampu bersaing di panggung ekonomi global.

Pada kesempatan yang sama, Anwar melalui akun media sosialnya juga mengatakan soal posisi Malaysia yang akan melindungi kedaulatan, hak dan kepentingan negara di Zona Ekonomi Eksklusif di Laut China Selatan.

Dirinya juga mengatakan bahwa salah satu prioritas Pemerintah Persatuan yang dipimpinnya saat ini adalah membela kepentingan Malaysia di kancah internasional.

PM Malaysia Anwar Ibrahim mengingatkan aktor-aktor utama di kancah global bahwa negara dan kawasan lain kini sudah memiliki suara sendiri

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News