Pesan Wapres Jusuf Kalla pada Puncak Peringatan Hakteknas 2019

Pesan Wapres Jusuf Kalla pada Puncak Peringatan Hakteknas 2019
Menristekdikti M Nasir memberikan Anugerah Iptek dan Inovasi kepada lembaga dan kelompok masyarakat yang telah berkontribusi nyata dalam kemajuan Iptek dan Inovasi di Indonesia. Foto: Humas Kemenristekdikti

jpnn.com, DENPASAR - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla didampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir membuka puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019 di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, Rabu (28/8).

Puncak Hakteknas juga ditandai dengan pemberian Anugerah Iptek dan Inovasi kepada Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, pelaku industri (BUMN dan swasta), masyarakat umum, lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat karena telah berkontribusi nyata dalam kemajuan Iptek dan Inovasi di Indonesia.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan bahwa kemajuan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh Iptek dan Inovasi. “Tidak ada negara maju tanpa inovasi,” ujar Jusuf Kalla.

Saat ini, selain inovasi dalam bidang manufacturing, Indonesia membutuhkan banyak inovasi dalam bidang pertanian dan pangan, peternakan, serta inovasi dalam bidang pelayanan publik. Iptek dan Inovasi, lanjut Wapres, hanya bermakna jika bisa dipasarkan sehingga hasilnya bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

“Oleh karena itu butuh kerja sama antara akademisi, perguruan tinggi, dengan perusahaan. Semua menyumbang tenaga untuk berinovasi membangun bangsa,” ujar Wapres.

Sementara itu, Menristekdikti Mohamad Nasir mengungkapkan peringatan Hakteknas tahun ini diselenggarakan untuk menghargai seluruh komponen bangsa dalam menguasai, memanfaatkan dan mengembangkan iptek dan inovasi, membangkitkan daya kreasi dan inovasi anak bangsa.

“Selain itu juga sebagai pertanggungjawaban kepada publik dan evaluasi kinerja perkembangan Iptek dan Inovasi di Indonesia,” ujar Mohamad Nasir.

Pada kesempatan ini, Menristekdikti juga memberikan langsung Anugerah Iptek dan Inovasi dalam delapan kategori penghargaan. Berdasarkan seleksi yang telah dilakukan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, berikut daftar para penerima Anugerah Iptek dan Inovasi yang dibagi dalam delapan kategori yaitu:

Wapres Jusuf Kalla didampingi Menristekdikti Mohamad Nasir membuka puncak peringatan Hari Teknologi Nasional atau Hakteknas ke-24 Tahun 2019 di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali, Rabu (28/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News