Pesawat Garuda Mogok di Landasan Pacu

Pesawat Garuda Mogok di Landasan Pacu
Pesawat Garuda yang mengalami kerusakan dan mogok di landasan pacu Bandara Tambolaka, SBD, Kamis pagi (8/2). Foto: Istimewa

jpnn.com, KUPANG - Pesawat Garuda mengalami kerusakan dan mogok di landasan pacu Bandara Tambolaka Sumba Barat Daya (SBD), NTT, Kamis (8/2) pagi.

Akibatnya, tiga rute penerbangan selanjutnya, yakni Tambolaka-Denpasar, Denpasar-Tambolaka, Tambolaka-Kupang harus dibatalkan.

Sebelumnya, pesawat jenis Bombardier CRJ-1000 yang mengangkut 48 penumpang dari Bandara El Tari Kupang itu mendarat dengan mulus.

Namun, kemudian terjadi kerusakan, yakni gangguan pada sistem hidrolik sehingga pesawat berhenti di tengah landasan pacu. Untuk mengamankan bandara, pesawat harus ditarik ke apron.

"Pesawat itu sudah mendarat, baru ada gangguan hidrolik. Karena alasan safety, kami tidak putuskan terbang, maka kita kirim expert kita (dari Kupang) untuk periksa kerusakannya. Dan, setelah diketahui apa kerusakannya, besok (hari ini) dikirim spare part dari Bali. Pesawat masih di Tambolaka," kata General Maneger (GM) PT. Garuda Cabang Kupang, Kokoh Ritonga kepada Timor Express (Jawa Pos Group), Kamis (8/2).

Kokoh menjelaskan, tidak ada pengaruh apapun terhadap penumpang yang ada di dalam pesawat tersebut.

Para penumpang, lanjutnya, tetap mendapat kompensasi dari pihak maskapai Garuda Indonesia. "Ada yang kita pindahkan ke airline lain dan ada yang dijadwalkan ulang besok (hari ini), kita berikan hotel," tambahnya.

Kokoh pastikan, hari ini penerbangan di rute tersebut akan normal dengan menggunakan pesawat lain sambil menunggu perbaikan kerusakan pesawat tersebut.

Pesawat Garuda Bombardier CRJ-1000 mengangkut 48 penumpang dari Bandara El Tari Kupang, moogok di landasan pacu Bandara Tambolaka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News