Pesawat Mata-mata AS Mampu Terbang 48 Jam Nonstop

Pesawat Mata-mata AS Mampu Terbang 48 Jam Nonstop
Pesawat mata-mata dengan tenaga listrik yang dikembangan US Navy. FOTO: Getty Images
NEWYORK - Sebuah pesawat tak berawak yang dikembangkan Angkatan Laut Amerika Serikat telah memecahkan rekor daya tahan terbang di udara selama lebih dari 48 jam secara mandiri.

UAV 'Ion Tiger' menggunakan terobosan baru dengan tanki berbahan bakar hidrogen cair kriogenik. Pesawat tak berawak ini didesain melayang di udara selama mungkin sebagai tugas utamanya melakukan pengawasan dan mata-mata.

Pesawat ini menggunakan bahan bakar yang mampu menghasilkan banyak energi seperti hidrokarbon namun dengan volume lebih ramping. Sebelumnya, drone seperti MQ-9 Reaper bisa terbang selama 30 jam tanpa mendarat untuk mengisi bahan bakar.

Menurut lansiran rt.com (12/5), mesin yang menggunakan hidrokarbon membuat pesawat terbang berisik, tidak ideal untuk sebuah pesawat mata-mata. Ion Tiger yang dikembangkan oleh Naval Research Laboratory (NRL) AS, menggunakan mesin listrik yang lebih tenang dan memiliki sinyal panas lebih kecil dibandingkan drone tradisional.

NEWYORK - Sebuah pesawat tak berawak yang dikembangkan Angkatan Laut Amerika Serikat telah memecahkan rekor daya tahan terbang di udara selama lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News