Pesawat Mata-Mata AS Terus Pantau Syria

Pesawat Mata-Mata AS Terus Pantau Syria
Pesawat Mata-Mata AS Terus Pantau Syria
WASHINGTON - Krisis politik dan kekerasan di Syria terus mendapat perhatian dari AS. Meski Presiden Barack Obama pernah menyatakan bahwa pihaknya tidak akan mencampuri krisis politik Syria dan melancarkan aksi militer di negara yang kini dikuasai rezim Bashar al-Assad itu, Negeri Paman Sam tidak sepenuhnya lepas tangan.

 

Dalam wawancara dengan televisi NBC News Jumat (18/2), seorang pejabat Pentagon (Departemen Pertahanan AS) menyatakan bahwa militer dan intelijen negerinya punya peran di Syria. "Sejumlah pesawat tanpa awak milik militer dan intelijen AS beroperasi di langit Syria untuk memantau perkembangan bentrok di lapangan," ungkap pejabat yang merahasiakan namanya tersebut.

Tetapi, dia menegaskan bahwa pesawat-pesawat mata-mata itu hanya melakukan pemantauan. "Misi mata-mata itu sama sekali tidak dimaksudkan sebagai persiapan atas rencana serangan militer ke Syria," katanya. Pemerintahan Obama juga menegaskan bahwa data yang terkumpul lewat misi pesawat mata-mata itu justru bisa menjadi bukti visual kepada dunia internasional terkait kondisi Syria.

"Melalui bukti-bukti visual dan rekaman komunikasi antara rezim dengan militer Syria, kita bisa mencari celah untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi warga yang membutuhkan," lanjut pejabat itu.

WASHINGTON - Krisis politik dan kekerasan di Syria terus mendapat perhatian dari AS. Meski Presiden Barack Obama pernah menyatakan bahwa pihaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News