Rabu, 26 September 2018 – 07:44 WIB

Pesawat Militer Bikinan Rusia Jatuh Usai Lepas Landas

Kamis, 12 April 2018 – 15:38 WIB
Pesawat Militer Bikinan Rusia Jatuh Usai Lepas Landas - JPNN.COM

jpnn.com, ALGIERS - Pesawat Ilyushin Il-76 milik militer Aljazair baru saja lepas landas kemarin, Rabu (11/4). Tiba-tiba, pesawat menukik, jatuh menghujam ladang di dekat Bandara Boufarik. Sebanyak 247 penumpang dan 10 kru dilaporkan tewas dalam peristiwa itu.

Sebelum menukik, pesawat sempat naik dulu. Saat jatuh, salah satu sayap pesawat lebih dulu menyentuh tanah sebelum badan pesawat akhirnya terbakar,?kata salah seorang pria kepada Ennahar TV. Pria yang tidak disebutkan namanya itu berbicara sambil berbaring di tempat tidur rumah sakit. Tidak jelas apakah dia saksi mata atau malah korban selamat.

Melalui pernyataan tertulis, menurut Associated Press, militer Aljazair menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada keluarga korban. Kabarnya, penumpang pesawat nahas itu adalah personel militer dan keluarga mereka.

Dari Boufarik, pesawat itu sedianya hendak terbang ke Bandara Bechar Ouakda. Pesawat juga dijadwalkan singgah di Bandara Tindouf.

Namun, belum sempat terbang jauh, pesawat buatan Rusia itu celaka sekitar pukul 07.50 waktu setempat. Mengutip kesaksian beberapa petani yang kebetulan berada tidak jauh dari bandara, pesawat sebenarnya sudah bermasalah sejak sebelum lepas landas. Salah satu mesin pesawat disebut-sebut terbakar. Tapi, pesawat tetap take off.

”Seorang saksi mata mengaku melihat ada beberapa orang melompat keluar dari pesawat sebelum lepas landas. Diduga, mereka itulah yang disebut-sebut sebagai korban selamat,” kata Farouk Achour, jubir badan perlindungan sipil Aljazair.

Tidak kurang dari 300 personel pemadam kebakaran dan paramedis terlibat dalam proses evakuasi. Sebuah crane juga diterjunkan dalam proses tersebut.

Badan pesawat dibelah dan crane memindahkan bagiannya ke lokasi lain agar tim penyelamat lebih maksimal mencari jasad korban. Sejumlah ambulans siaga di lokasi kejadian untuk mengangkut jasad para korban ke rumah sakit militer.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar