Pesawat Tentara PNG Rusak, Panglima TNI Utus Kabais ke Port Moresby

Pesawat Tentara PNG Rusak, Panglima TNI Utus Kabais ke Port Moresby
Mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kabais TNI Letjen TNI Joni Supriyanto menyerahkan bantuan perbaikan pesawat CASA milik Angkatan Bersenjata Papua New Guinea di Bandara Internasional Jacksons, Papua Nugini, Rabu. (Dok. TNI)

jpnn.com, JAKARTA - Panglima  TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyerahkan bantuan untuk perbaikan mesin pesawat CASA milik Angkatan Bersenjata Papua New Guinea (PNG DF) jenis CT 7-9C.  

Penyerahan bantuan dari Panglima TNI ini diwakilkan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto di Bandara  Internasional  Jacksons - Port Moresby, Papua  Nugini, Rabu (4/8). 

Bantuan berupa mesin yang sudah diperbaiki tersebut diterima langsung oleh Perdana Menteri (PM) James Marape, dengan didampingi Deputy chief of Defence PNG Commodore Philip Polewara, DMS, MBE, Menlu PNG Mr. Soroe Eoe, MP, beserta para pejabat utama Departemen Pertahanan (Defence Forces) PNG dalam suatu rangkaian upacara resmi. 

Sejumlah Perwira tinggi dan menengah TNI sebagai delegasi resmi Indonesia ikut mendampingi dalam penyerahan bantuan tersebut, di antaranya Laksma TNI Didik Kurniawan, Brigjen TNI Rio Firdianto dan  Brigjen TNI Joko Suparyoto.

Pengiriman mesin tersebut dilakukan menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU, A-1335 dari Skadron 32 Lanud Abdulrachman Saleh (Malang), yang diterbangkan Captain Pilot Mayor Pnb Fandi Abdillah Pulungan dan kru. 

Kabais TNI Letjen TNI Joni Supriyanto menyampaikan TNI aktif mengidentifikasi peluang kerja sama dan bantuan kepada Departemen Pertahanan PNG  untuk mendukung upaya memperkuat diplomasi RI di PNG. 

“Tentu ini dalam rangka meningkatkan hubungan diplomatik dan kerja sama antarkedua negara khususnya di bidang pertahanan dan perbatasan selama ini yang sudah berjalan sangat baik,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima. 

TNI berharap momen ini dapat meningkatkan hubungan kerja sama antara TNI dan Departemen Pertahanan PNG  dalam  kontribusi perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diwakili Kabais TNI Letjen TNI Joni Supriyanto menyerahkan bantuan untuk perbaikan mesin pesawat CASA milik Angkatan Bersenjata Papua New Guinea (PNG DF) jenis CT 7-9C.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News