Pesawat TNI Jatuh Bukan Karena Masalah Anggaran Semata

Pesawat TNI Jatuh Bukan Karena Masalah Anggaran Semata
Pesawat TNI Jatuh Bukan Karena Masalah Anggaran Semata
JAKARTA – Kecelakaan beruntun yang melibatkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI dinilai tidak semata-mata karena persoalan anggaran semata. Sebab, terdapat faktor lain diluar persoalan anggaran agar alusista TNI tidak habis karena kecelakaan.

Menurut pemerhati militer dari Lembaga Ilmu Pengetahuna Indonesia (LIPI), Jaleswari Pramowardhani, serangkaian kecelakaan pesawat milik TNI AU akhir-akhir ini tidak bisa ditimpakan akibat kebijakan anggaran pemerintahan saat ini saja. Berbicara pada sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (9/6), Pramowardhani mengatalan bahwa sejak reformasi bergulir ternyata belum ada pemerintah yang sanggup memberi anggaran cukup pada pos pertahanan 

“Kecelakaan alutsista baik pesawat maupun helikopter militer terjadi tidak bisa diselesaikan dengan hanya menaikkan anggaran,” ujar Pramowardhani dalam diskusi yang mengangkat tema Anggaran Pertahanan dan Kedaulatan NKRI itu.

Lebih lanjut wanita yang akrab disapa dengan nama Dhani ini melihat adanya faktor lain yang turut. Faktor itu adalah perawatan peralatan tempur, manajemen pengelolaan, serta pengembangan skill prajurit TNI.

JAKARTA – Kecelakaan beruntun yang melibatkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI dinilai tidak semata-mata karena persoalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News