Pesona Crossborder Sambas Pikat Turis Brunei Darussalam

Pesona Crossborder Sambas Pikat Turis Brunei Darussalam
WISMAN. Wisatawan asal Brunei Darussalam saat mengunjungi Kampung Tenun di Dusun Semberang Desa Sumber Harapan, Kabupaten Sambas, Senin (11/12). FOTO: Sairi/Rakyat Kalbar/JPNN

jpnn.com, SAMBAS - Pesona crossborder atau daerah perbatasan di Sambas, Kalimantan Barat, memikat wisatawan asal Brunei Darussalam.

Sebanyak 47 wisatawan asal Brunei melancong ke Sambas melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, pekan lalu.

Salah satu yang menjadi tujuan para travelista itu adalah Istana Alwazikhoebillah yang merupakan peninggalan Raden Sulaiman.

Aldes selaku perwakilan Asosiasi Bussines Development Service Indonesia (ABDSI) Korda Sambas mengatakan, para wisatawan itu menghabiskan akhir tahun untuk melancong ke destinasi yang bermuatan sejarah.

“Masyarakat Brunei sangat menunjung tinggi nilai-nilai kerajaan, termasuk kerajaan yang ada di Sambas yang masih berdiri kukuh,” kata Aldes, Kamis (14/12).

Dia menambahkan, ABDSI Korda Sambas dan Persatuan Orang Melayu (POM) Kabupaten Sambas mendapat kesempatan menjadi tour guide bagi para wisman tersebut.  

“Sesuai dengan tujuan dibentuknya ABDSI adalah sebagai konsultan UMKM.  Tidak hanya kerja sama ABDSI dan POM Sambas, kami juga menggandeng pihak Istana Alwazikhoebillah Sambas dalam menyukseskan kunjungan ini,” ujar Aldes.

Menurut Aldes, para tamu itu mendapat sambutan hangat dari pihak istana. Saat itu, mereka disambut dengan tarian khas Melayu dan silat di halaman istana.

Pesona crossborder atau daerah perbatasan di Sambas, Kalimantan Barat, memikat wisatawan asal Brunei Darussalam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News