Pesta Adat Berau Butuh Dukungan Pusat

Pesta Adat Berau Butuh Dukungan Pusat
Pesta Adat Berau Butuh Dukungan Pusat
TANJUNG REDEB - Berau tak hanya dikaruniahi potensi wisata alam, seperti obyek wisata baharinya. Namun yang tidak kalah menariknya, Berau mempunyai potensi wisata budaya yang sangat beragam. Hanya sayangnya belum tergarap maksimal, sehingga belum menarik minat wisatawan.

Di daerah pesisir, seperti di Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, ada pesta adat Mak Jamu. Yaitu pesta adat yang digelar warga untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di darat. Roh-roh jahat yang ada di darat diberangkatkan dengan perahu kecil.Pesta adat Mak Jamu sebenarnya cukup menarik, dan bisa menjadi salah satu andalan wisata budaya Berau. Karena sebelum perahu diturunkan ke laut, ada prosesi yang terlebih dulu dilakukan warga, yaitu menyiram perahu dengan air yang telah dibacakan mantra dan diisi dengan tarian.

Selain pengusiran roh-roh jahat, prosesi adat Mak Jamu pun dimaksudkan untuk pengobatan kampung. Diharapkan dengan digelarnya adat Mak Jamu itu, warga yang terkena penyakit dan lama tidak sembuh dapat segera sembuh setelah dilakukannya adat Mak Jamu.Di Pulau Derawan, juga ada pesta adat. Seperti yang digelar belum lama ini. Yakni adat lamaran (pernikahan). Pesta adat lamaran itupun cukup menarik, bahkan warga Pulau Derawan saat itu banyak yang berdatangan untuk menyaksikan pesta adat lamaran tersebut.Turis mancanegara pun tidak melewatkan prosesi adat lamaran warga Pulau Derawan itu. Bahkan turis mancanegara mengabadikan momen tersebut dengan kamera. Tapi, sayangnya pesta adat itupun belum digarap dengan maksimal.

Setali tiga uang dengan pesta adat Bakudung Batiung di Kampung Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung. Saat wartawan koran ini mengikuti pesta adat Bakudung Batiung belum lama ini, tak begitu banyak warga dari luar Kampung Tumbit Dayak yang menyaksikan pesta adat tersebut. Hanya rombongan bupati, anggota dewan, pejabat di lingkungan Pemkab Berau serta masyarakat setempat yang menyaksikan jalannya prosesi adat Bakudung Batiung.

TANJUNG REDEB - Berau tak hanya dikaruniahi potensi wisata alam, seperti obyek wisata baharinya. Namun yang tidak kalah menariknya, Berau mempunyai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News