Pesta Nikah, 65 Tewas Tertimpa Atap

Pesta Nikah, 65 Tewas Tertimpa Atap
Pesta Nikah, 65 Tewas Tertimpa Atap
KUNDUZ - Pesta pernikahan di Desa Warchi, Distrik Jalga, Provinsi Baghlan, Afghanistan, berubah menjadi petaka Rabu lalu (27/10). Atap gedung yang digunakan untuk menggelar pesta tersebut tiba-tiba ambruk. Sebanyak 65 orang tewas dalam kejadian itu. Beruntung, sepasang mempelai yang menghelat pesta tersebut selamat.

"Seluruh korban tewas akan dimakamkan hari ini (kemarin)," terang Mahmood Haqmal, jubir kantor gubernur, seperti dikutip Agence France-Presse. Sebanyak 52 orang dari total 65 korban tewas berjenis kelamin perempuan. Sisanya adalah seorang pria dan 12 anak-anak. Saat ini, kata Haqmal, tim dari provinsi sedang menyelidiki insiden yang menelan 65 korban jiwa tersebut.

Materi bangunan yang tidak terlalu kuat disebut-sebut sebagai faktor utama penyebab kecelakaan tersebut. Gedung dua lantai di lereng Pegunungan Pamir itu terbuat dari tembok tanpa batu-bata dan kayu. "Sekitar pukul 13.00 waktu setempat, ketika tamu yang hadir sedang banyak-banyaknya, atap lantai satu tiba-tiba runtuh," kata seorang pejabat provinsi yang datang dari Kota Puli Khumri, ibu kota provinsi.

Konon, atap tersebut tidak kuat menahan beban di atasnya. Sebab, saat insiden terjadi, lantai dua sedang dijejali banyak tamu. "Atap tersebut ambruk dan menimpa tetamu yang berada di bawahnya," kata Haqmal. Karena itulah, sebagian besar korban tewas adalah perempuan dan anak-anak yang berada di lantai satu. Sesuai tradisi di Afghanistan, tamu perempuan dan laki-laki dijamu di dua tempat berbeda.

KUNDUZ - Pesta pernikahan di Desa Warchi, Distrik Jalga, Provinsi Baghlan, Afghanistan, berubah menjadi petaka Rabu lalu (27/10). Atap gedung yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News