Petani Minta Tomcat Jangan Dibasmi

Petani Minta Tomcat Jangan Dibasmi
Petani Minta Tomcat Jangan Dibasmi
CIKAMPEK-Serangga pembuat gatal yang kini mulai menyerang sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang berguna bagi ekosistem darat. Meskipun sudah masuk kategori hama atau hewan pengganggu, Ade Suparman dari UPTD Pertanian Kecamatan Cikampek, mengaku tidak setuju jika serangga bernama ilmiah Paederus Riparius itu dibasmi.

"Tomcat itu predator wereng yang mengganggu padi dan berguna bagi para petani untuk membasmi hama wereng. Tadi, menurut saya dibiarkan saja, jangan dibasmi. Tomcat yang muncul di Karawang saat ini merupakan predator pengendali hama penyakit, umumnya di sawah," ujarnya kepada Pasundan Ekspres (Group JPNN).

Menurutnya, jika  hewan penyebab gatal itu dibasmi, bisa-bisa wereng menggurita dan justru berbahaya bagi ketahanan pangan. "Jadi secara jangka panjang justru akan mengancam nasib manusia. Apalagi lahan pertanian di Karawang semakin menyusut," tambahnya.

Dirinya menjelaskan, tomcat muncul di permukiman diduga karena keseimbangan alam terganggu atau  rusaknya ekosistem lingkungan. Seperti pada kasus serangan pertama tomcat di Surabaya, rumah susun yang didatangi kumbang Rove itu berada di samping sawah.

CIKAMPEK-Serangga pembuat gatal yang kini mulai menyerang sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang berguna bagi ekosistem darat. Meskipun sudah masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News