Petani Ogah Tanam Jagung, Perusda Macet

Petani Ogah Tanam Jagung, Perusda Macet
Petani Ogah Tanam Jagung, Perusda Macet
PANGKALAN BUN – Kekosongan suplai dari petani jagung di Kotawaringin Barat membuat Perusahaan Daerah (perusda) PD Agrotama Mandiri kini tidak lagi beroperasi. Akibatnya aktivitas di pabrik yang berdiri megah di Desa Batu Belaman itu benar-benar lumpih. Untuk menyangga perekonomian keluarga, para karyawan memilih usaha lain disekitar pabrik dengan memelihara ayam.

Penulusuran Radar Sampit (JPNN Grup) di beberapa kecamatan yang sebelumnya sentra perkebunan jagung dan penyuplai terbesar ke PD Agrotama Mandiri seperti kecamatan Pangkalan Banteng dan Pangkalan Lada, kini tidak lagi terlihat menanam jagung.

Menurut petani keenggan untuk kembali menanam jagung disebabkan karena cendrung merugi. Biaya operasional yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan. Kini para petani jagung beralih profesi dengan menanam karet dan kelapa sawit di atas lahannya.

Seperti di kecamatan Pangkalan Banteng banyak petani yang telah menanam sawit di lahan mereka. Diprediksi, produksi jagung di Kobar akan semakin menurun jauh lantaran petani beralih komoditas yang jauh lebih menguntungkan.

PANGKALAN BUN – Kekosongan suplai dari petani jagung di Kotawaringin Barat membuat Perusahaan Daerah (perusda) PD Agrotama Mandiri kini tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News