Petani Sawit Minta Perlindungan Harga TBS

Harga Lebih Baik, Sawit Dijual ke Malaysia

Petani Sawit Minta Perlindungan Harga TBS
Petani Sawit Minta Perlindungan Harga TBS
NUNUKAN – Puluhan Ketua Kelompok Petani Sawit Non Plasma mendatangi gedung DPRD Nunukan. Kedatangan para petani yang berasal dari daratan Simenggaris itu meminta agar DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan lebih memperhatikan nasib petani sawit terkait perlindungan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit maupun pemasaran TBS itu sendiri.

Selain itu, status kepemilikan lahan petani non plasma yang kerap kali tumpang tindih dengan pihak perusahaan yang beroperasi di daratan Simenggaris, sekiranya dituntaskan segera melalui fasilitasi pemerintah daerah.

Menurut Simenggaris Andi Tamrin,  seorang petani sawit, pada umumnya petani di Simenggaris lebih condong menjual sawit-sawit mereka ke Sabah, Malaysia. Sebab secara harga, pembelian TBS yang ditawarkan negera tetangga tersebut cenderung lebih tinggi ketimbang harga yang ditawarkan pabrik-pabrik sawit lokal.

"Namun hambatan kami adalah petugas. Memang secara aturan ini ilegal. Tapi kalau kami tidak menjual hasil-hasil sawit kami, berapa besar kerugian yang harus kami tanggung," ungkapnya didalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Nunukan H Ngatidjan Ahmadi, rabu (9/11).

NUNUKAN – Puluhan Ketua Kelompok Petani Sawit Non Plasma mendatangi gedung DPRD Nunukan. Kedatangan para petani yang berasal dari daratan Simenggaris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News