Petani Seluruh Indonesia Unjuk Keterampilan dan Tampilkan Inovasi di PENAS XVI 2023

Petani Seluruh Indonesia Unjuk Keterampilan dan Tampilkan Inovasi di PENAS XVI 2023
Para peserta petani menunjukkan ketangkasan pada Ajang Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS) XVI 2023 yang berlangsung selama 6 (enam) di Lapangan Udara Sutan. Foto: dok Kementan

jpnn.com, PADANG - Ajang Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS) XVI 2023 yang berlangsung selama 6 (enam) di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat diikuti petani dari seluruh Indonesia.

Dalam ajang tersebut, para peserta menunjukkan Peragaan, Unjuk Tangkas, dan Asah Terampil (PUA).

Kegiatan PUA yang dilaksanakan selama 3 (hari), yakni 11-12 Juni 2023 untuk Peragaan dan Asah terampil serta 13 Juni 2023 untuk Unjuk Tangkas.

Setiap provinsi yang ikut serta pada kegiatan ini saling berlomba menampilkan kemampuan dan inovasi pertanian yang dimiliki.

“Kami sudah atur sedemikian rupa supaya Peragaan, Unjuk Tangkas, dan Asah Terampil ini tidak hanya menjadi ajang unjuk gigi, tetapi juga silaturahmi dan bertukar informasi antar-petani,” ujar Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman.

Liferdi melanjutkan, khusus pada Asah Terampil ada yang berbeda, yakni dilakukan secara terbuka dengan pemanfaatan teknologi digital berupa sistem skoring secara langsung.

Para peserta lomba wajib menggunakan laptop. Hal ini tentu saja merupakan hal baru bagi peserta PENAS XVI Tahun 2023.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi kami. Ke depannya kami akan tetap semangat dan memantapkan lagi pengetahuan kami,” kata peserta Asah Terampil dari Papua Selatan, Hariati Gebze.

Para peserta petani menunjukkan ketangkasan pada Ajang Pekan Nasional Petani Nelayan (PENAS) XVI 2023 yang berlangsung selama 6 (enam) di Lapangan Udara Sutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News