Petinggi PDIP Desak Jokowi Pecat Tiga Menteri Ini

Petinggi PDIP Desak Jokowi Pecat Tiga Menteri Ini
Effendi Simbolon. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR Effendi Simbolon kembali angkat suara dengan mengeritik langkah Menteri BUMN Rini Soemarno yang memutus mata rantai Tim Penilai Akhir (TPA) dalam penunjukan 25 direksi BUMN strategis.

Langkah Rini itu, menurut Effendi, membuktikan ambisinya yang hendak menguasai tujuh sektor energi di negara ini untuk dibawa ke arah privatisasi.

Effendi pun meminta presiden Jokowi mereshuffle tiga menteri yang terkait dengan sektor energi. Yaitu Menko Perekonomian Sofyan Dlalil, Menteri ESDM Sudirman Said, dan Menteri BUMN Rini Soemarno karena berpotensi meronrong pemerintahan Jokowi-JK.

Hal itu disampaikan anggota Komisi VII DPR RI Effendi Simbolon menanggapi bersikerasnya pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi bulan ini juga.

Dikatakan Effendi pula, Presiden Joko Widodo supaya jangan segan-segan mereshuffle tiga menterinya, yakni Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri ESDM Sudirman Said, dan Menteri BUMN Rini Soemarno kerena mereka sangat berpotensi merongrong pemerintahan Jokowi-JK.

”Jangan dibiarkan terlalu lama (menjabat) orang-orang seperti ini, harus segera dihentikan. Karena malah akan merusak pemerintahan Presiden Jokowi,” tegas Effendi dalam diskusi ’Polemik Bola Panas BBM’ bersama Direktur Global Future In stitute Hendrajit, dan pengamat politik dari Negarawan Center Johan O Silalahi di Restoran Warung Daung Jalan Cikini Raya Jakarta Pusat, Sabtu (15/11).

Terkait reshuffle ketiga menteri itu, Effendi beralasan, ketiga menteri ini selain akan meronrong pemerintahan, juga akan membahayakan negara. Mereka ini, kata Effendi, sedang berupaya menguasai tujuh bidang energi di negara ini.

“Gerak geriknya mereka sedang berupaya mengendalikan seven energies di Indonesia. Karena mereka yang menjadi Menteri BUMN, dan Menteri ESDM, lantas nanti ada Dirut Pertamina, Dirut PGN (Perusahaan Gas Ne gara), SKK Migas, Dirut PLN. Kalau itu semua dikendalikan mereka, habislah semua. Ibarat mereka yang menjaga lumbung padi lantas habis disikat mereka semua,” papar Effendi yang juga Ketua DPP PDIP ini.

JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR Effendi Simbolon kembali angkat suara dengan mengeritik langkah Menteri BUMN Rini Soemarno yang memutus mata rantai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News