Petugas Karantina Bongkar Penyelundupan 3 Ekor Hewan Dilindungi

Petugas Karantina Bongkar Penyelundupan 3 Ekor Hewan Dilindungi
Karantina Pertanian Manado, Kementerian Pertanian bersama Polairud menggagalkan penyelundupan tiga ekor kera ke Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, menggunakan KM Barcelona II. ANTARA/HO-Karantina Pertanian Manado.

jpnn.com, MANADO - Petugas dari Karantina Pertanian Manado, Kementerian Pertanian menggagalkan upaya penyelundupan tiga ekor hewan dilindungi.

Petugas karantina bekerja sama dengan Polairud.

Tiga ekor hewan yang berhasil diselamatkan masing-masing dua ekor siamang (Symphalangus Syndactylus) dan satu ekor owa ungko (Hylobates Agilis).

"Tiga ekor kera tersebut diselundupkan pada hari Senin malam menggunakan KM Barcelona II yang akan berlayar ke Tahuna," ujar Penanggung Jawab Wilayah Kerja Pelabuhan Paut Manado Hesti di Manado, Rabu (29/12).

Menurut Hesti upaya penyelundupan dapat digagalkan berawal dari informasi Polairud yang menemukan satwa tersebut di ruang kemudi yang dititipkan kepada petugas kapal.

Polairud langsung menginformasikan kepada Kantor Karantina Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Manado dan langsung terjun bersama-sama mengamankan satwa tersebut ke kantor Karantina.

Petugas kapal menyebut hanya dititip untuk membawa ketiga hewan tersebut.

Dia mengaku tidak mengenal pemiliknya.

Petugas Karantina Pertanian Manado dan Polairud membongkar penyelundupan tiga ekor hewan dilindungi.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News