Petugas Sensus Kena Denda Adat

Hasil Sensus Ada 1.128 Suku

Petugas Sensus Kena Denda Adat
Petugas Sensus Kena Denda Adat
JAKARTA—Apakah anda tahu, berapa jumlah suku bangsa di Indonesia? Badan Pusat Statistik (BPS) ternyata telah melakukan survey mengenai jumlah suku bangsa tersebut. Kepala BPS, Rusman Heriawan pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI, di Senayan, Rabu (3/2) menyampaikan bahwa hasil sensus penduduk terakhir, diketahui bahwa Indonesia terdiri dari 1.128 suku bangsa.               

‘’Suku bangsa menjadi salah satu poin sensus terbaru BPS. Sebelumnya memang sudah ada tapi tidak terlalu spesifik. BPS mulai melakukan sensus suku bangsa ini secara detail dan akhirnya diketahui bahwa Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa,’’ kata Rustam.

Tidak seperti poin sensus lainnya, guna mengetahui jumlah suku bangsa di Indonesia ini, BPS harus bekerja lebih ekstra. Karena petugas sensus harus bersentuhan dengan keberagaman suku dan adat istiadat di seluruh penjuru negeri ini.

’’Bahkan petugas sensus kami pernah dikenakan hukum adat di Kalimantan Timur saat melakukan sensus. Karena dianggap menyalahi ketentuan adat, petugas sensus kami diwajibkan membayar denda adat. Denda itu wajib dibayar padahal karena jumlahnya yang sangat besar, BPS dan Pemda pun tidak sanggup melunasinya,’’ kata Rusman.

JAKARTA—Apakah anda tahu, berapa jumlah suku bangsa di Indonesia? Badan Pusat Statistik (BPS) ternyata telah melakukan survey mengenai jumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News